Salah satu bagian asik dari punya hobi jalan-jalan adalah kita punya banyak kenangan akan suatu tempat, dan orang-orang yang kita temui di sana. Belum lama ini, saya ngerapihin file foto-foto jalan-jalan yang udah lumayan lama, tahun 2012. Dari kegiatan ngerapihin foto itu (yang ternyata memakan waktu lama karena saya beberapa kali akhirnya membuka satu foto, dan senyam-senyum sendiri mengingat kejadian saat foto tersebut diambil), muncul ide untuk bikin postingan tentang Freddie’s Santai Sumur Tiga. Postingan ini bisa jadi tidak bisa dijadikan patokan atau review, karena waktu menginap saya yang sudah lumayan lama, November 2012. Bisa jadi sekarang keadaannya sudah sangat berubah.

Restoran di Freddies

Santai Sumur Tiga atau Freddie’s adalah sebuah penginapan di Sabang, Pulau Weh yang sangat terkenal di kalangan pejalan, baik domestik maupun mancanegara. Nama penginapan ini sebenarnya adalah Santai Sumur Tiga, namun karena dimiliki dan dikelola langsung oleh pemiliknya yang bernama Freddie, maka lebih terkenal dengan sebutan Freddie’s.

Terletak di daerah Sumur Tiga, Freddie’s bisa dicapai dalam 30 bermobil dari Pelabuhan Balohan. Waktu itu karena saya pergi dengan rombongan, alternatif terbaik untuk menuju Freddie’s adalah dengan menyewa mobil. Jika hanya pergi sendiri atau berdua, naik ojek bisa jadi alternatif.

Penginapan Freddie’s dibangun di atas tebing-tebing karang Pantai Sumur Tiga, berbentuk rumah-rumah panggung yang tersebar. Dari dalam kamar kita bisa dengan lepas memandang ke private beach dan laut, namun kita juga harus siap naik turun tangga kalau mau main ke pantai, atau membeli makan di restoran. Ga pa-pa lah ya naik turun tangga sedikit, hitung-hitung ngencengin otot betis dan paha 😀

Freddie's Alias Santai Sumur Tiga

Freddie’s Alias Santai Sumur Tiga

The best thing dari menginap di Freddie’s adalah kita bisa mencicipi kelezatan masakan olahan dari tangan Freddie langsung. Konon, demi merasakan makan malam lezat buatan Freddie, para tamu rela untuk reservasi jauh-jauh hari terlebih dahulu. Saya dan teman-teman waktu itu terlambat untuk reservasi makan malam, jadi cuma bisa merasakan masakan Freddie saat sarapan saja. Namun jangan khawatir, kamu tetap bisa makan malam di restoran yang ada disebelah penginapan, yang masih dimiliki oleh Freddie juga, namun untuk menu a la carte ini, bukan Freddie yang menyiapkan langsung.

Freddie sedang menyiapkan sarapan untuk tamunya

The next best thing-nya, Freddie’s adalah salah satu spot terbaik untuk melihat sunrise di Pulau Weh. Dan kita tidak perlu bangun terlalu pagi untuk menyaksikan matahari terbit di ujung barat Indonesia, bangun jam 6 pagi pun masih bisa dapat sunrise di sana. Sehabis lihat sunrise, jangan lupa untuk main air dan pasir di pantai Sumur Tiga. Jangan takut, cewe-cewe boleh kok pakai swimsuit atau bikini di Pulau Weh, asalkan kalau naik ke restoran atau kamar, harus tetap pakai covering clothes ya… Saat matahari mulai panas, kita bisa ngadem di beberapa gazebo yang tersebar di pantai sambil menikmati kelapa muda. Atau bisa juga kembali ke kamar, tidur-tiduran di atas hammock sambil menikmati semilir angin.

A Very Serene Dawn at Santai Sumur Tiga

Menginap di Freddie’s adalah salah satu pengalaman paling menyenangkan buat saya. Kamar bersih, makanan super enak, Freddie pun sangat ramah dan perhatian terhadap tamunya. Saya ingat ketika hari terakhir kami menginap di sana, dua orang teman saya akan pergi diving di hari itu. Freddie sempat menanyakan jam berapa pesawat kami esok hari, saya jawab jam sekitar jam 14.00 siang. Lalu Freddie’s berpesan pada dive center yang menjemput teman saya itu:

Don’t let them dive after 12 o’clock ya! Mereka besok terbang jam 2 siang…” Seperti seorang ayah yang akan melepas anak-anaknya sendiri berangkat diving.